Bumbu Khas India

Kamis, 12 Januari 2012 03:43
  • Garam masala
    Adapun arti dari garam adalah hangat sedangkan masala berarti campuran bumbu. Komposisi Garam masala terdiri dari campuran kapulaga, kayu manis, cengkih, ketumbar, jintan dan adas. Ada juga yag menmbahkan merica hitam dan cabai untuk cita rasa pedas.
  • Sambar masala
    Campuran bumbu yang terdiri dari ketumbar, kunyit, cabai merah, jintan, merica hitam, kacang-kacangan, adas manis, cengkih pala, kayu manis, kapulaga, dan jahe kering. Digunakan sebagai bumbu untuk masakan dari sayuran seperti terung, kentang, kacang polong, dan kembang kol.
  • Deggi mirch
    Deggi mirch adalah bumbu yang diproses dari cabai merah India. Rasanya cukup pedas dan memberi warna merah pada masakan. Untuk hasil masakan yang lezat. Tumis dulu bawang bombai hingga kekuningan. Lalu tambahkan tomat dan deggi mirch, masak hingga berwarna merah, lalu tambahkan dengan bahan yang lain.
  • Rajmah masala
    Komposisi bumbu yang terdiri dari ketumbar, garam, mangga, cabai merah, jintan, merica hitam, garam hitam, daun kablet, cengkih, daun mint, pala, jahe, kapulaga, adas manis, bunga pala, dan beberapa bumbu India. Sering digunakan untuk bumbu masakan kacang merah yang dicampur dengan bawang bombai merah dan tomat.
  • Kasoori methi
    Daun klabet yang dikeringkan lalu di haluskan hingga menjadi bubuk. Digunakkan untuk taburan pada masakan kari atau tumisan sayur. Atau sebagai campuran roti India seperti paratha dan naan.
  • Air mawar
    Resep yang pertama kali menggunakan air mawar ke dalam resep masakan adalah zaman keemasan kekhalifahan islam arab yang pada waktu itu menjadi penguasah dunia dengan wilayah kekuasaan yang luas dan pengaruhnya terhadap dunia yang baik sehingga dalam perkembangannya juga mempengaruhi penyebaran resep masakannya hingga sampai ke India, tetapi saat ini justru India lah yang paling dominan dalam penggunaan air mawar ke dalam masakan khas India.

Komentar