Bunglon Terkecil di Dunia Berasal dari Madagaskar (Foto)

Bunglon Terkecil di Dunia Berasal dari Madagaskar (Foto)
Spesies ini terkenal karena kemampuannya yang bisa beradaptasi dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya menempel. Tapi makhluk ini lebih kecil dan terlihat lebih baik dari pada kebanyakan bunglon yang berada di dunia. Bunglon terkecil ini memiliki ukuran sama dengan ujung kuku ilmuwan di Madagaskar, reptil ini memiliki panjang 3 cm. 



Para ilmuwan menemukan empat spesies baru yang disebut Brookesia MICRA, di pulau kecil tak jauh dari pulau utama Madagaskar. Bunglon ini sekarang dianggap sebagai salah satu reptil terkecil di planet ini. Ted Townsend, dari San Diego State University, melakukan tes genetik pada spesies baru ini.

"Ukuran mereka menunjukkan bahwa bunglon mungkin telah berevolusi dari nenek moyang di Madagaskar, kecil dan tidak mencolok, cukup tidak seperti bunglon yang lebih besar dan lebih berwarna paling akrab dengan kita saat ini."



Penambahan baru untuk spesies bunglon hanya ditemukan di daerah yang terletak hanya beberapa mil persegi. Para ahli percaya bahwa mereka mungkin sangat sensitif terhadap kerusakan habitat.