Meteor Terbesar Pernah Jatuh di Inggris (Foto)

Meteor Terbesar Pernah Jatuh di Inggris (Foto)
Sebuah batu yang menarik perhatian kini berada di ambang pintu rumah, 80 tahun lalu batu meteor tersebut diungkap sebagai meteorit terbesar yang pernah ditemukan dan telah mendarat di Inggris. Batu ruang angkasa seberat krang lebih 200 kg telah bertenggerdi pintu depan dari Lake House, sebuah rumah megah di dekat Wilsford-cum-Lake, Wiltshire, sejak 1900-an. Diperkirakan meteor tersbeut telah mendarat di Bumi sejak 30.000 tahun lalu.



Sempat pula meuncul pendapat jika batu tersebut sebenarnya telah mendarat di tempat lain lain sebelum dibawa ke Inggris oleh seorang kolektor. Namun para peneliti sekarang percaya bahwa itu benar-benar mendarat di Inggris sekitar 30.000 tahun yang lalu. Meteor tersebut adalah meteor terbesar yang besarnya empat kali dari meteorit lain yang ditemukan di Inggris.

Colin Pillinger, Profesor Planetary Sciences di Universitas Terbuka, mengatakan ia '99 .9 persen 'yakin bahwa batu itu telah mendarat di Inggris. Pillinger telah menyelidiki sejarah meteorit selama lebih dari setahun, dan telah menemukan foto yang menunjukkan batu tersebut. Pillinger percaya batu itu bisa mendarat di Salisbury Plain 30.000 tahun lalu sebelum ditangkap oleh druid.