2 Lagu Sedih Adele Mengandung Unsur Sains

2 Lagu Sedih Adele Mengandung Unsur Sains

Penyanyi Adele kariernya memang tengah melejit, selain lagu-lagunya yang selalu menjadi hits dan menguasai chart tangga lagu, beberapa waktu lalu ia juga memborong enam Grammy Awards 2012. Kini, lagu-lagunya kembali bahan perbincangan hangat, krena para ilmuwan berhasil memecahkan rahasia di balik lagu sedih Adele.


Mengenai lagu Adele yang berjudul Rolling In The Deep dan Someone Like You, para psikolog yakin memiliki jawaban mengenai sains dibalik kedua lagu tersebut. Para peneliti mengaku telah lama mengetahui fitur khusus musik yang secara konsisten mampu menimbulkan respon emosional kuat dari pendengarnya.

Psikolog Inggris John Sloboda menemukan perangkat musik yang disebut Appoggiatura dari penelitian yang ia lakukan 20 tahun lalu. Appoggiatura sendiri merupakan nada yang berbenturan dengan melodi cukup untuk menciptakan disonansi. Di momen resolusi ini, reaksi yang lebih kuat akan terpancing di saat itulah, air mata mengalir.


“Ini menciptakan tensi pada pendengar. Saat nada kembali ke melodi, tensi berubah dan ini terasa enak,” katanya seperti dikutip DM.


Selain itu, menurut hasil studi ini, musik bisa memberi pendengarnya perasaan tertentu jika musik itu memuat kejutan dalam volume, timbre dan pola harmoni.