Masjib Agung Sulteng Punya Lubang Tembus Mekkah ?

Selasa, 24 Juli 2012
Masjib Agung Sulteng Punya Lubang Tembus Mekkah ?
Masjid Agung Keraton Buton di Kota Bau-bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara merupakan peninggalan Kerajaan Islam Buton. Masjid Agung Keraton Buton juga dikenal sebagai Masjid Agung Wolio. Meski sekilas terlihat biasa saja namun menurut kepercayaan warga setempat masjid ini memiliki lubang yang tembus menuju Mekkah.

Masjid yang sudah mengalami pemugaran sejak pemerintahan Sultan Buton ke-37 pada tahun 1930 ini memiliki 12 pintu di keempat sisinya dan 12 jendela di bagian atas. Maksud dari jumlah pintu dan jendela tersebut adalah menyesuaikan dengan jumlah pintu pada Benteng Wolio yang juga berjumlah 12.

Seperti dilansir dari situs resmi Pariwista Indonesia, Senin (23/7/2012), di dalam masjid agung ini terdapat pusena (pusatnya bumi) yang konon kisahnya sering terdengar suara azan dari Mekkah, Arab Saudi. Pusena ini berbentuk lubang yang berada tepat di belakang Mihrab.

Dipercaya jika lubang yang berada di dalam masjid ini pun dipercayai mereka sebagai gua bawah tanah yang bisa langsung 'menuju ke Mekkah'. Selain itu, konon, bila melongok ke dalam lubang pusena, Anda bisa melhat orang tua atau kerabat yang sudah lebih dahulu menghadap Sang Khalik.
(Foto @nationalgeographic.co.id/rha)
Komentar